June 27, 2022

ada-avery.com

Blog Info Media Online

5 Cara Mengatasi Anak yang Susah Sikat Gigi

Bila kesehatan mulut terganggu, maka anak bisa mengalami masalah kesehatan serius seperti gigi berlubang, sariawan, gusi berdarah, infeksi saluran tenggorokan, dan lain-lain. Akibatnya anak bisa menjadi lebih rewel, menangis, nyeri saat menelan makanan atau minuman, penurunan nafsu makan, dan risiko komplikasi kesehatan lain. Pastikan Anda mengajari anak cara menggosok gigi yang benar dengan produk sikat dan pasta gigi Kodomo, ya!

Mengajari Anak Sikat Gigi 

Tidak semua anak mau menyikat gigi dengan baik, maka Anda harus tahu cara mengatasinya dengan benar. Simak tips mengajari anak sikat gigi yang baik dan benar berikut!

  • Berikan contoh langsung 

Anda bisa mengajak anak belajar menyikat gigi dengan memberi contoh langsung. Praktikkan cara menyikat gigi yang benar sebelum si kecil pergi tidur atau selepas makan di kamar mandi. Biasanya anak-anak akan melakukan apa yang orang tua lakukan setiap hari, lho! Bila Anda malas menyikat gigi, maka jangan heran kalau anak punya kebiasaan yang sama.

  • Memilih sikat gigi yang berbulu lembut 

Berikat sikat gigi Kodomo yang memiliki bulu lembut sehingga anak bisa lebih nyaman saat membersihkan gigi. Anak bisa saja menolak sikat gigi karena pernah terluka saat belajar menyikat gigi sebelumnya. 

  • Memberikan pasta gigi dengan aroma dan rasa buah 

Memotivasi anak agar mau membersihkan gigi dengan pasta gigi yang memiliki aroma dan rasa buah-buahan, kenapa tidak? Pasta gigi buah untuk anak-anak juga terbuat dari bahan alami sehingga tidak masalah tertelan saat anak masih belajar menyikat gigi. Anda bisa beli produk pasta gigi khusus anak yang berkualitas di toko jual perlengkapan bayi terpercaya. 

  • Melakukan aktivitas menyikat gigi yang menyenangkan 

Anda bisa mengajak anak menyikat gigi sambil menari atau bermain air bisa menjadi trik tersendiri. Anak memang tidak boleh dipaksa atau ditakuti hanya demi mau menyikat giginya. Anda harus memberikan pengertian pentingnya menyikat gigi secara perlahan dengan kegiatan bermain yang lebih seru.

  • Memberikan pujian sederhana 

Berikan pujian pada anak bila ia sudah selesai menyikat gigi agar semangat semakin tinggi. Hadiah kecil untuk anak yang berani belajar menyikat gigi sendiri bisa menjadi pilihan tersendiri. 

Memberikan reward pada anak merupakan upaya apresiasi sehingga si kecil akan semakin semangat membersihkan gigi setiap hari. Anda hanya perlu membimbingnya menyikat gigi dengan metode yang benar, cara berkumur yang baik dan periksakan kesehatan gigi dan mulut anak minimal setengah tahun sekali. 

Untuk mendukung kegiatan menyikat gigi yang lebih menyenangkan, Anda bisa memberikan perlengkapan kebersihan yang mendukung. Berikan pasta gigi dan sikat gigi Kodomo yang memiliki variasi bentuk lebih disukai anak-anak. Sikat gigi dengan hiasan hewan atau karakter favorit si kecil akan membuatnya semakin senang menyikat gigi, lho!