Donasi Digital Naik 72% Selama Pandemi

Jakarta, Ada-avery com Bertepatan dengan Hari Donasi Online Nasional (Hardolnas) yang digelar oleh platform galang dana Kitabisa.com, GoPay mengajak masyarakat berdonasi digital.

Winny Triswandhani, Head of Corporate Affairs GoPay menjelaskan, GoPay sendiri mencatat, transaksi donasi yang disalurkan lewat GoPay meningkat 2,5 kali lipat di 2020, dengan total nilai donasi mencapai Rp136 miliar. Berkaca pada Riset Digital Donation Outlook 2020 menunjukkan bahwa nilai per donasi digital naik sebesar 72% selama pandemi. Di bulan Ramadan ini, GoPay juga mendorong donasi digital lewat dukungan Gerakan Cinta Zakat bersama Baznas.

Untuk mendorong semakin banyak masyarakat berdonasi digital, GoPay gencar melakukan edukasi ke masyarakat mengenai program Hardolnas. Program ini berlangsung, mulai 30 April hingga 7 Mei 2021 di platform Kitabisa.com.

Dikatakan Winny, GoPay terus melanjutkan komitmennya mengedukasi masyarakat luas mengenai kemudahan berdonasi secara digital, agar masyarakat bisa lebih mudah membantu sesama.

“Mengingat bahwa masih banyak orang yang belum familiar dengan metode berdonasi digital pada momen kali ini, kami sekaligus mengajak masyarakat untuk merasakan kemudahan dan kepraktisan berdonasi lewat GoPay di Kitabisa.” Ujar Winny.

Selama periode Hardolnas, GoPay akan melipatgandakan setiap donasi GoPay yang masuk ke tiga inisiatif galang dana terpilih. Donasi yang akan dilipatgandakan mulai Rp10.000 hingga maksimal Rp100.000. Tiga inisiatif ini meliputi Warteg Gratis oleh Edho Zell, Program Ramadhan Bahagia oleh Baznas serta Kado Al-Quran oleh Rumah Zakat.

Baca Juga:Kolaborasi GoPay, Telkomsel dan PUBG Mobile Bikin Main Mobile Game Lebih Mulus

Vikra Ijaz Chief Product Officer, Kitabisa.com menyampaikan bahwa selama tiga tahun terakhir, Hardolnas telah menjadi ajang bagi sejumlah perusahaan untuk mengapresiasi para donatur yang berbagi lewat platform Kitabisa.com. Di Hardolnas 2020 lalu, lebih dari 24 ribu orang baik telah berpartisipasi dan kami mencatat lebih dari Rp18,8 miliar donasi berhasil terkumpul dalam jangka waktu satu minggu saja.

“Memasuki tahun ke-3 Hardolnas, kami harap program ini dapat semakin mengajak lebih banyak orang baik berpartisipasi untuk menciptakan dampak yang lebih luas pada para penggalang dana sehingga akan ada lebih banyak pula orang yang terbantu lewat donasi.” Tutup Vikra.