Jadi Fotografer Handal dengan Fitur-Fitur Kamera Realme 7!

Pada September 2020, Realme lagi-lagi merilis kelanjutan dari seri angka yang sudah banya ditunggu oleh para fans. Seperti yang diketahui, selalu terdapat hal-hal inovatif yang bisa dirasakan dari setiap produk Realme seri angka yang membuatnya lebih menarik ketimbang kompetitornya di rentang harga yang sama.

Dibandingkan dengan Realme 6 yang merupakan generasi lanjutannya saja, ternyata masih ada hal baru yang didatangkan dari Realme 7 ini.

Artinya, Realme selaku salah satu vendor ponsel yang melanglangbuana di Tanah Air memang tidak pernah lupa mendengarkan feedback dari para fans untuk menghasilkan produk dengan fitur-fitur relevan yang memang sesuai dengan permintaan orang Indonesia.

Di antara sekian banyak keunggulan yang dihadirkan, Realme 7 juga rupanya mampu digunakan sebagai sarana fotografi yang handal berkat dukungan hardware kamera yang mumpuni dan fitur-fiturnya yang menunjang. Apa sajakah itu? Yuk ketahui kemampuan kamera dari Realme 7 berikut – siapapun bisa jadi fotografer handal dengan handset ini!

Menggunakan Sensor Sony IMX682

Jika sebelumnya Realme menghadirkan sensor 64MP ISOCELL Bright GW pada Realme 6, kini merk HP yang satu ini melakukan approach yang berbeda pada Realme 7. Ya, perangkat yang merupakan seri lanjutan ini kini dibekali dengan sensor Sony IMX682 yang diklaim mampu menangkap cahaya lebih banyak lagi.

Sensor ini memiliki resolusi sebesar 64 MP dan hadir pula dengan ukuran sensor yang besar, yakni 1/1.73 inci. Realme mengatakan bahwa mengganti kamera dari ISOCELL Bright GW menjadi Sony IMX682 mempermudah perangkat yang satu ini untuk melakukan beragam penambahan fitur pada kameranya.

Ditambah lagi, berkat besaran piksel yang lebih besar, kamera utama pada Realme 7 lebih mampu menghasilkan foto bagus saat kondisi minim pencahayaan. Ini merupakan peningkatan yang bisa diapresasi oleh muda-mudi yang ingin mengabadikan aktivitas mereka pada malam hari.

Starry Mode untuk Menangkap Kilauan Bintang

starry mode realme 7

Fitur yang satu ini juga merupakan salah satu kemudahan yang dihadirkan oleh Sony IMX682. Karenanya, kamera ponsel pun bisa dimanfaatkan untuk mengabadikan terangnya gemerlap bintang saat malam hari dengan begitu jelas.

Ini adalah fitur yang juga turut hadir pada Realme X3 SuperZoom dengan rentang harga lebih mahal. Kini dengan menggunakan Realme 7, Anda tidak perlu keluar kocek banyak untuk bisa merasakan fitur kamera yang menarik ini.

Bagaimana cara fitur ini bekerja? Well, Realme sendiri mengungkapkan bahwa fitur Starry Mode mengerahkan sebuah algoritma astrophotography khusus yang telah diujikan selama berbulan-bulan pada beragam wilayah di seluruh dunia.

Penyesuaian demi penyesuaian telah dilakukan untuk menyempurnakan fitur ini agar bintang-bintang yang ada di langit bisa ditangkap kamera dengan jelas. Cara mengaktifkan mode ini pun tidak sulit, Anda tinggal hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka fitur kamera pada HP Realme 7.
  2. Secara default, Anda akan langsung berada pada mode Photo. Nah, geser ke kiri sampai Anda berada pada mode Night.
  3. Pada mode malam ini, ada simbol bintang-bintang pada pojok kiri. Ini adalah simbol untuk mengaktfkan Starry Mode.
  4. Lakukan tap pada simbol tersebut hingga warnanya berubah jadi kuning.
  5. Arahkan kamera HP pada langit berbintang dan tekan tombol Shutter. Pastikan ponsel tetap diam selama 4 menit untuk memberi waktu Realme 7 agar bisa menangkap seluruh bintang yang ada.
  6. Selesai!

Nah, hasil yang bisa Anda dapatkan juga berbeda-beda tergantung situasi dan tempat. Fitur Starry Mode ini akan berfungsi secara maksimal jika Anda berada pada pegunungan alih-alih perkotaan.

Pasalnya, keberadaan city light memang bisa mengurangi visibilitas bintang pada malam hari. Anda pun bisa memanfaatkan tripod agar lebih mudah dalam penstabilan ponsel saat melakukan shutter selama 4 menit.

Filter Malam Hari untuk Variasi yang Menyenangkan

realme 7 filter malam

Bagi Anda yang suka keluyuran malam hari tentu tidak ingin ketinggalan photo ops yang ciamik dan Instagrammable. Nah, untuk meningkatkan sisi estetika dari foto malam hari yang berhasil didapatkan, Realme 7 sudah menyediakan beragam filter unik sehingga foto-foto Anda bisa lebih variatif.

Ada tiga varian filter yang bisa Anda pilih, yakni Modern Gold, Cyberpunk, dan juga Flamingo. Ketiga filter ini memiliki karakteristik masing-masing yang menambah value pada foto malam hari yang berusaha Anda dapatkan.

Untuk Modern Gold sendiri, filter ini akan berusaha membuat tone warna keseluruhan supaya condong ke kuning. Kesan warna emas yang dihadirkan, saat dipadukan dengan kejelasan detil saat malam hari membuat foto terasa lebih glamour dan mewah.

Sedangkan untuk Anda yang ingin merasakan atmosfer malam hari yang terasa lebih hangat, ada filter Flamingo dengan penambahan aksen tone warna merah pada foto. Efek kemerahan ini sungguh membuat foto malam hari terasa lebih intim dan menghanyutkan.

Berikutnya adalah filter berwarna Cyberpunk dengan kombinasi tone ungu dan biru untuk membuat tampilan foto malam hari terlihat lebih modern dan futuristik.

Kini dengan kehadiran tiga filter tersebut, Anda pun bisa mengkreasikan pemotretan malam hari semaunya. Ini sangat cocok untuk menghasilkan foto-foto cantik untuk menghiasi feed Instagram Anda.

UIS dan UIS Max Video Stabilization untuk Video Penuh Aksi

uis max video stabilization realme 7

Kamera ponsel sejatinya tidak hanya berfungsi untuk mengambil foto, melainkan untuk perekaman video juga. Realme 7 mengerti akan hal ini dan menambahkan beragam fitur yang memudahkan pengguna untuk menghasilkan video berkualitas.

Salah satu kemampuan kameranya adalah UIS Max Video Stabilization yang bisa menjaga video agar tetap stabil walau dipakai merekam sambil berjalan dan berlari.

Ada dua fitur stabilisasi pada Realme 7, yang pertama adalah UIS biasa dan yang kedua adalah UIS Max Stabilization. UIS yang biasa bisa meredam guncangan walau tetap memberikan efek goyang saat direkam sambil berjalan.

Sedangkan, UIS Max Stabilization adalah stabilisasi video secara optimal, sehingga perangkat akan berusaha meminimalisir guncangan sebanyak mungkin.

Ini tentu memudahkan kreator konten untuk menghasilkan video yang diinginkan. Misalnya saat videografer ingin video cukup stabil tapi tetap memberikan kesan mencekam, mereka bisa mengaktifkan UIS biasa agar masih terasa sedikit guncangan pada video. Sedangkan Max Video Stabilization berguna untuk menghilangkan guncangan secara keseluruhan.

Slow Motion 240 FPS yang Mulus

slow motion realme 7

Supaya Anda bisa meng-highlight bagian penting dari sebuah video, Realme 7 memungkinkan Anda untuk mengaktifkan mode Slow Motion. Kini, adegan penting dalam video bisa berjalan dengan sangat pelan.

Mode slow motion yang dihadirkan berada pada frame rate 240 FPS untuk memastikan bahwa tidak ada bingkai yang ter-skip. Hal ini berguna agar setiap pergerakkan yang ada pada video bisa berjalan dengan mulus dan tidak terlihat patah-patah.

Fitur ini bisa Anda temukan pada menu kamera. Saat aplikasi kamera dibuka, pilih menu More dan akan ada tiga opsi yang bisa dipilih yakni Slo-Mo, Pano, dan Timelapse. Nah, untuk mengaktifkan mode Slow Motion, tentu Anda harus memilih menu Slo-Mo.

Simpulan

Nah, itu tadi beragam fakta dan juga fitur yang terdapat pada kamera Realme 7. Untuk ponsel yang berada di segmen harga mid-range, ini adalah fitur kamera yang unggul, menawarkan berbagai mode supaya memudahkan Anda dalam menghasilkan foto dan video berkualitas.

Dengan begini, tidak begitu diperlukan skill yang begitu mumpuni untuk bisa terlihat bagaikan fotografer profesional. Realme 7 sendiri hadir di pasar Indonesia pada pertengahan bulan September 2020 dan dilepas dengan harga Rp3.999.000,-.

Tertarik? Jika Anda sudah mencoba kebolehan kamera Realme 7, silakan bagikan pengalaman Anda di kolom komentar ya! Oh iya, kalau ingin tahu kekurangan dan kelebihan dari HP Realme, bisa klik link ini.