Khabib Nurmagomedov Bicara Karier Kepelatihan Usai Pensiun

Khabib Nurmagomedov Bicara Karier Kepelatihan Usai Pensiun Berita Beladiri: Khabib Nurmagomedov bicara mengenai rencananya untuk masuk ke dunia kepelatihan seusai mengakhiri kariernya di MMA.

Petarung Rusia itu resmi mengumumkan untuk pensiun setelah dia menaklukan Justin Gaethje dalam dua ronde di UFC 254 di Fight Island, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Minggu (25/10) dini hari WIB.

Meski kondisi Khabib tidak benar-benar fit karena menderita patah di kaki dan dua jari kakinya. Dirinya tetap tampil habis-habisan untuk menumbangkan lawannya tersebut.

Apresiasi pun diberikan Presiden UFC Dana White seusai laga, yang menyebut semua orang beruntung melihat Khabib bertarung malam itu.

“Dia memiliki dua jari kaki patah, dan satu tulang di kakinya patah. Itulah yang dia katakan padaku. Ia tidak pernah memberitahu siapapun, ia salah satu manusia terhebat di planet ini,” puji Dana White dikutip dari Tempo.co.

Kemenangan tersebut memperpanjang rekor MMA Khabib Nurmagomedov menjadi 29 kemenangan tanpa sekalipun kalah.

Usai pertandingan itu ia pun memngumkan pengunduran dirinya. “Tidak mungkin aku kembali tanpa ayahku,” ucap Khabib setelah meninggalkan sarung tangannya di octagon, dilansir Sportbible dikutip dari Tempo.co.

“Aku berbicara dengan ibuku. Dia tidak tahu bagaimana aku bertarung tanpa ayah, tapi aku berjanji ini akan menjadi pertarungan terakhirku, dan jika aku berjanji, aku harus memenuhinya,” ujar Khabib yang menjelaskan bahwa keputusan pensiun adalah janji pada ibunya.

Juara kelas ringan itu berada di puncak kariernya setelah mendominasi pertarungan di kelas ringan sejak debut di UFC tahun 2012. Pria berusia 32 tahun itu pun berbicara mengenai kenungkinan menjajaki karier kepelatihan para talenta petarung muda usai pensiun.

“Kami memiliki banyak anak muda untuk dilatih. Kami akan segera kembali ke puncak. Saya akan selalu membantu Anda,” tutur Khabib dalam video bersama pelatihnya Javier Mendez dari AKA (American Kickboxing Academy) menyusul kemenangan terakhirnya. Ini terasa seperti langkah natural untuk Khabib Nurmagomedov.

Dirinya ingin meneruskan warisan ayahnya, Abdulmanap, yang menaruh perhatian pada talenta petarung muda. Selain itu, ia juga ingin petarung asal Rusia berkiprah dalam kompetisi bela diri di dunia.

Artikel Tag: Khabib Nurmagomedov, UFC, Justin Gaet