October 4, 2022

ada-avery.com

Blog Info Media Online

Lima Komponen yang Mempengaruhi Fear and Greed Index

Ketika di sini Anda mulai aktif untuk melakukan proses jual-beli maupun investasi di sebuah aset kripto, tentunya Anda sering kali mendengar ataupun melihat Fear and Greed Index yang dibagikan dalam media sosial ataupun sering diperbincangkan di dalam komunitas crypto.

Namun beberapa dari Anda mungkin masih belum mengetahui apa kegunaan dari Fear and Greed Index tersebut. Fear and Greed Index merupakan sebuah keadaan yang mana disini mendeskripsikan sentimen pasar mata uang digital dengan rentang skor yang dimulai dari angka 0 hingga 100.

Namun penting untuk Anda ketahui, bahwa terlepas dari namanya, indeks tersebut hanya dilakukan untuk mengukur bitcoin saja, bukan pasar aset kripto secara menyeluruh. Di dalam menentukan Fear and Greed Index crypto ini terdapat lima komponen yang perlu untuk diukur, komponen-komponen tersebut antara lain akan diulas dan dijabarkan di bawah ini.

Apa Saja Lima Komponen yang Mempengaruhi Fear and Greed Index?

 

Momentum/Volume Pasar

Volume pasar atau momentum dipakai sebagai penilai level keserakahan yang terjadi di pasar. Komponen itu sendiri menyumbang kurang lebih 25% dari total indeks penilaian dan melihat momentum serta volume perdagangan bitcoin saat ini membandingkan rata-rata 30 serta 90 hari dan selanjutnya menggabungkan hasil.

Jika pilihan yang cukup tinggi setiap hari ketika pasar tengah positif, maka bisa disimpulkan bahwasanya pasar disini bertindak terlalu serakah.

Volatilitas

Tingkat volatilitas harga di sini menyumbang sebesar 25% dari total indeks penilaian. Komponen penilaian tersebut melihat harga bitcoin serta membandingkannya dengan rata-rata harga 30 dan 90 hari. Volatilitas tersebut dipakai sebagai pengukur level fear di pasar. Volatilitas yang kurang biasa merupakan tanda pasar condong ke level fear.

Sosial Media

Media sosial sendiri menyumbang setidaknya 15 persen dari indeks penilaian. Komponen sosial media pada dasarnya mengukur jumlah tagar yang berfokus pada bitcoin. Selain itu, melihat kecepatan serta jumlah interaksi terkait topik dari bitcoin. Interaksi yang lebih tinggi dari angka normal dianggap sebagai perilaku pasar yang greed.

Dominasi

Dominasi menyumbang sekitar 10% dari skor indeks yang mana di sini merepresentasikan mengenai seberapa besar market cap btc maupun persentase dari keseluruhan kapasitas pasar kripto. Meningkatnya dominasi mata uang bitcoin bisa diartikan telah terjadi pengurangan investasi pada mata uang selain bitcoin atau disebut juga altocoin.

Sementara itu penurunan dominasi bitcoin bisa berarti bahwasannya orang jauh lebih greed dengan melakukan investasi di atau koin yang memiliki risiko lebih tinggi.

Trend

Komponen yang terakhir adalah trend, dimana disini menyumbang 10% dari keseluruhan penilaian indeks. Trend maksudnya yaitu volume pencarian pada topik bitcoin yang bisa dilihat dari Google Trend. Jika didapatkan berita negatif mengenai bitcoin yang cenderung meningkat, maka hal itu menandakan sentimen pasar tengah ke arah fear.