February 8, 2023

ada-avery.com

Blog Info Media Online

Memahami Tentang Kartilago dan Jenis-jenisnya

Nyeri lutut biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Salah satu kemungkinannya adalah jaringan yang menutupi sendi lutut atau kartilago. Apakah Anda tahu apa itu kartilago? 

Apa Itu Kartilago?

Kartilago merupakan jaringan keras tapi fleksibel yang merupakan jenis utama jaringan ikat dalam tubuh. Sekitar 65-80% tulang rawan terdiri dari air. Seiring bertambahnya usia, kadar air secara bertahap akan berkurang. 

Sedangkan sisa tulang rawan ini terdiri dari zat seperti gel yang disebut “matriks” yang membentuk tulang rawan saat bekerja. Tulang rawan ini terdapat di semua persendian, tulang, tulang belakang, paru-paru, telinga, dan hidung.

Jenis-Jenis Kartilago

  • Kartilago Elastis

Kartilago elastis ditemukan di telinga dan epiglotis (terletak di tenggorokan), serta di saluran hidung dan trakea. Jenis tulang rawan ini memberikan kekuatan dan elastisitas pada organ dan struktur dalam tubuh, seperti telinga bagian luar.

  • Kartilago Fibrosa

Kartilago fibrosa ditemukan di bantalan khusus yang disebut menisci, serta di cakram antara tulang belakang (vertebra). Bantalan ini penting untuk mengurangi gesekan pada persendian, seperti lutut. Dokter menganggap ini sebagai yang terkuat dari ketiga jenis tulang rawan karena memiliki lapisan serat kolagen yang tebal dan keras.

  • Kartilago Hialin

Kartilago hialin merupakan jenis yang paling umum di tubuh. Jenis tulang rawan ini ditemukan di laring, hidung, tulang rusuk, dan batang tenggorokan. Lapisan tulang rawan yang sangat tipis juga terdapat pada permukaan tulang, seperti pada persendian, untuk melindunginya. Lapisan tulang rawan transparan ini juga dikenal sebagai tulang rawan artikular. 

Istilah hialin berasal dari kata Yunani “hyalos”, yang berarti kaca. Jika dilihat di bawah mikroskop, hialin terlihat seperti kaca. Tulang rawan ini memiliki banyak serat kolagen halus yang membantu memberikan kekuatan. Namun, hialin dianggap paling lemah dari tiga jenis tulang rawan lainnya.

Penyebab Kartilago Cedera

  • Chondromalacia Patellae

Chondromalacia Patellae terjadi ketika tulang rawan artikular di atas tempurung lutut rusak. Kondisi ini juga dikenal sebagai lutut pelari. Faktor-faktor seperti cedera, penggunaan berlebihan, postur tubuh yang buruk, atau kelemahan otot dapat menyebabkan penyakit ini. Chondromalacia dapat menyebabkan tulang bergesekan dengan tulang, yang bisa sangat menyakitkan.

  • Kostokondritis

Kostokondritis terjadi ketika tulang rawan yang menghubungkan tulang rusuk ke tulang dada meradang. Kondisi ini biasanya bersifat sementara, namun bisa menjadi kronis. Biasanya, kostokondritis ditandai dengan nyeri dada.

  • Disk Hernia

Ketika zat seperti gel di dalam cakram tulang rawan menonjol dari tulang rawan luar, itu disebut cakram hernia atau slip. Kondisi ini seringkali disebabkan oleh perubahan degeneratif sebagai efek samping dari proses penuaan. Seseorang dapat mengalami kecelakaan serius atau cedera punggung yang dapat menyebabkan herniated disc. Kondisi ini menyebabkan nyeri punggung, yang seringkali menjalar ke kaki. 

Sayangnya, kerusakan kartilago dapat menjadi bagian dari proses degeneratif alami tubuh. Untuk meminimalkan kerusakan, coba pertahankan berat badan yang sehat, lakukan latihan kelenturan dan kekuatan, serta hindari latihan berlebihan. Orami.co.id juga menyajikan cara mengatasinya yang bisa Anda baca.