Walter Zenga: European Super League Tak Mungkin Bisa Digelar!

Berita Sepakbola: Legenda Inter Milan, Walter Zenga, mengaku pesimis European Super League akan bisa digelar pada Agustus mendatang. Memang apa alasannya?

Kabar terkait keputusan 12 klub top Eropa yang memutuskan untuk berpisah dari Liga Champions dan membentuk kompetisi tandingan bertajuk European Super League [ESL] terus mengundang banyak kritikan. Bahkan presiden UEFA, Aleksander Ceferin, menegaskan bahwa pihaknya tengah menyusun rencana untuk menjatuhkan sanksi bagi klub peserta. Bahkan para pemain yang terlibat di ajang tersebut akan dilarang untuk tampil di Piala Eropa dan Piala Dunia.

Mengomentari gal tersebut, Walter Zenga mengaku sangat pesimis ESL bisa digelar dalam waktu dekat. Selain hanya beranggotakan 12 klub tanpa format promosi dan degradasi, semua klub peserta serta pemain juga telah mendapatkan ultimatum dari UEFA terkait potensi dijatuhkannya sanksi yang sangat tegas.

“Ini benar-benar berantakan,” ujar Zenga kepada Perform Stats News.

“Proyek ini dapat menghancurkan semua klub yang lebih kecil, saya rasa itu bukan kabar baik untuk sepak bola: mereka mencoba membuat grup yang eksklusif.”

“Itu adalah keputusan yang mereka ambil karena alasan komersial, untuk menghasilkan lebih banyak uang dan meningkatkan pendapatan, tetapi jika Anda bertanya kepada saya apakah saya menyukainya, saya akan mengatakan tidak.”

“Tapi saya tidak tahu mengapa klub setuju untuk mendaftar.”

“Akan sulit bagi mereka untuk mewujudkan rencana ini setelah mendengar apa yang dikatakan oleh Ceferin. Terlalu banyak masalah yang harus diselesaikan dan klub tidak dapat melakukannya sendiri.”

“UEFA telah mengatakan akan ada sanksi untuk pemain [berupa larangan tampil di kompetisi Eropa], jadi saya pikir Liga Super ini tidak akan terlaksana,” pungkasnya.

Artikel Tag: Walter Zenga, European Super League