Yuk Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Poco F2 Pro!

Kalau dulu Anda sempat bertanya kepada teman, “HP Xiaomi apa yang paling bagus?”, jawabannya pasti Pocophone F1. Mau bagaimana lagi, habisnya ponsel ini memang sungguh berjaya di masanya dengan menghadirkan Snapdragon 845 yang saat itu merupakan chipset terbaik. Kini, sudah ada generasi lanjutannya yang bernama Xiaomi Poco F2 Pro yang dijamin lebih mutakhir.

Ponsel yang hadir di pasar Indonesia pada 16 Juli 2020 ini cukup dinantikan oleh para fans Xiaomi. Banyak orang sudah percaya dengan nama Pocophone, sehingga ekspektasi masyarakat cukup besar untuk HP seharga Rp6.999.000,- ini.  Tidak usah penasaran soal ponsel ini, simak saja kelebihan dan kekurangan Poco F2 Pro berikut.

Spesifikasi Poco F2 Pro

  • Layar: Super AMOLED, 6.67 inches
  • Chipset: Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 (7 nm+)
  • CPU: Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.80 GHz Kryo 585)
  • GPU: Adreno 650
  • RAM: 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: –
  • Kamera Belakang: Quad 64 MP + 5 MP + 13 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: Pop-up bermotor 20 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4700 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Poco F2 Pro

Penasaran dengan kelebihan-kelebihan Poco F2 Pro yang dijamin membuat siapapun tergiur? Yuk simak beberapa poin kelebihan berikut ini! Anda pun akan mengerti mengapa banyak orang memuji Poco F2 Pro.

1. Layar Super AMOLED

layar poco f2

Bagi Anda yang kini masih menggunakan ponsel dengan layar panel IPS LCD, pasti akan senang dengan layar yang diusung Poco F2 Pro. Ia sudah dibekali dengan layar Super AMOLED yang memiliki kualitas tampilan serta kontras warna lebih baik. Ukurannya adalah 6,67 inci dengan resolusi Full HD+ sebesar 2400 x 1080 piksel.

Tidak lupa, layar Poco F2 Pro juga telah mengusung teknologi HDR10+, Anda dijamin mampu menonton film di ponsel dengan kualitas tampilan setara TV plasma terkini. Sensor cahayanya juga bisa membuat tingkat kecahayaan layar beradaptasi dengan kondisi lampu di sekitarnya.

Anda sungguh tidak akan merasakan brightness yang terlalu menyilaukan pada malam hari atau pun sebaliknya. Untuk Anda yang ingin mengutak-atik pengaturan tampilan layar, Anda bisa menyetel salah satu dari empat skema warna yang tersedia, seperti Enhanced, Original, P3, dan sRGB. Sungguh kualitas layar ponsel yang berkelas.

2. Hadir dengan Chipset Terbaik

performa poco f2

Aktivitas seberat apapun bisa dilakukan pada Poco F2 Pro tanpa kendala sama sekali. Pasalnya, ponsel Xiaomi satu ini memang mengandalkan Snapdragon 865 dengan fabrikasi 7nm, sebuah chipset dengan performa tergahar di industri pada saat ponsel ini dirilis.

Dibalut dengan pengolah grafis Adreno 650, Anda sudah tidak perlu lagi mengorbankan grafis untuk meningkatkan performa. Permainan berat seperti PUBG M, COD Mobile, Fornite, semua dapat dimainkan dengan pengaturan grafis terbaik dan tanpa ngelag.

Video pengujian yang diunggah Fatpubg Mobile  pun menjadi saksinya. Terlihat permainan Fortnite berjalan pada grafis tinggi dengan frame rate 60 FPS. Setiap detik dari permainan yang berlangsung tidak menampilkan lag sama sekali. Kalau Fortnite saja sudah semulus ini, PUBG Mobile apalagi Mobile Legend dijamin lebih mulus lagi.

Performa HP ini terlihat lebih mencengangkan lagi saat dibandingkan dengan HP-HP flagship ternama. Berikut adalah perbandingan benchmark AnTuTu.

antutu poco f2 pro

* sumber: www.phonearena.com

Xiaomi Poco F2 Pro terlihat unggul dengan skor 569627. Malahan, beberapa ponsel di segmen harga atas seperti Samsung Galaxy S20 Ultra 5G, Huawei P40 Pro+, dan Apple iPhone 11 Pro Max hanya menawarkan skor di bawah Poco F2 Pro. Ini bukti bahwa ponsel ini sungguh menawarkan value for money yang tinggi.

3. Mampu Merekam Video 8K

poco f2 pro camera

Kalau kelebihan tadi lebih disukai oleh para gamer, kini giliran penggemar fotografi yang berbahagia. Pasalnya, kamera Poco F2 Pro sudah mendukung perekaman video dengan resolusi tinggi, yakni 1080p, 4K, dan bahkan 8K!

Resolusi 8K ini benar-benar jarang terdapat pada fitur kamera ponsel, salah satu bukti kalau Poco F2 Pro memang ponsel yang one of a kind. Jadi kalau Anda seorang pembuat film ataupun videografer, Poco F2 Pro bisa saja menggantikan posisi DSLR di hidup Anda. Oh dan tentu saja ponsel ini menghadirkan EIS supaya tidak hasil rekaman tidak shaky.

4. Baterai Lumayan Awet

baterai poco f2

Xiaomi Poco F2 Pro memang tidak dihadirkan dengan baterai yang luar biasa besar seperti 5000 mAh ataupun 6000 mAh, tapi Anda keliru kalau berpikir ponsel ini tidak mampu dipakai seharian.

Poco F2 Pro ditenagai oleh baterai Li-Po non-removable dengan kapasitas 4.700 mAh. Baterai ini pun sudah mengantongi endurance rating dengan skor 120 jam.

Yang menjadikannya lebih menarik, ponsel ini juga disertai oleh casan USB Power Delivery 33 W yang mampu mengisi daya hingga penuh dalam waktu 65 menit saja. Situs resminya mencatat bahwa ponsel bisa bertahan hingga 17 hari dalam keadaan standby serta bisa dipakai bermain game selama 13 jam. Cukup awet, bukan?

5. Motorized Pop-up Selfie Camera

motorized pop up poco f2 pro

Masih berbicara soal kamera, Poco F2 Pro juga menghadirkan kamera selfie yang sungguh inovatif dan pasti akan Anda sukai. Ketika kebanyakan ponsel menghadirkan poni tetesan air ataupun punch-hole, Poco F2 Pro memiliki kamera depan “tersembunyi” yang hanya muncul ketika menu kamera dibuka.

Artinya, Anda akan menikmati tampilan layar yang benar-benar bersih, tidak ada lubang kamera yang kerap kali mengganggu perhatian. Kamera ini memiliki resolusi 20 MP dengan bukaan f/2.2 serta mampu mengambil video slow motion dengan kecepatan 120 FPS. Kualitas hasil fotonya juga cukup mengagumkan dengan menampilkan warna kulit yang cukup akurat.

6. Konektivitas Lengkap

poco f2 pro konektivitas

Di antara banyak ponsel high-end lain yang meninggalkan konektivitas 3,5 mm jack audio, Poco F2 Pro masih menghadirkan port ini. Anda pun tak perlu repot-repot membawa adapter ke mana-mana agar bisa pakai headset setiap saat. Selain port audio, Poco F2 Pro juga menghadirkan NFC dan tentunya infrared.

Memang, infrared termasuk salah satu konektivitas yang jarang hilang dari lini produknya Xiaomi. Selain dari NFC-nya yang memungkinkan Anda bertransaksi digital dengan mudah, infrarednya membuat ponsel ini berfungsi selayaknya remote pada TV pintar, Mi Box, ataupun smart devices lainnya.

Tak cuma itu, Poco F2 Pro juga sudah hadir dengan koneksi 5G dan juga WiFi 6 yang memiliki kecepatan download hingga 9,6 Gbps atau setara dengan 1,2 GB/s.

Kekurangan Poco F2 Pro

Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan ponsel canggih ini, rasanya sulit membayangkan Poco F2 Pro hadir dengan beberapa kekurangan. Tapi nyatanya memang demikian – ada sebagian hal dari HP ini yang cukup disayangkan.

1. Tidak Hadir dengan Refresh Rate Tinggi

poco f2 pro

Dengan chipsetnya yang paling bertenaga serta layarnya yang Full View, Anda pasti mengira ponsel ini sudah hadir dengan laju penyegaran yang tinggi. Nyatanya, Poco F2 Pro masih menghadirkan laju penyegaran standar 60 Hz.

Padahal dengan adanya laju penyegaran seperti 90 Hz atau 120 Hz, menonton film ataupun bermain game pasti bisa berlangsung dengan lebih immersive.

2. Tidak Ada Wireless Charging

poco f2 pro (3)

Xiaomi Poco F2 Pro yang memiliki baterai yang cukup kuat dengan menghadirkan fast charging pula. Tapi kalau Anda berharap ponsel ini bisa dicas secara nirkabel, Anda mungkin akan sedikit kecewa.

Padahal fitur wireless charging sudah mulai banyak diperkenalkan pada ponsel-ponsel canggih keluaran terbaru. Kalau bisa dicas secara wireless, ponsel manapun akan mampu mengisi daya dengan lebih praktis dan Anda pun tak perlu repot-repot mengurusi cable management yang lumayan bikin ribet.

3. Kemampuan Zoom yang Kurang Baik

poco f2 pro (4)

Ponsel yang bisa dipakai untuk memotret jarak jauh kini sedang lumayan marak. Beberapa saat sebelum Poco F2 Pro sudah ada Realme X3 SuperZoom yang bisa dipakai zoom sebanyak 60 kali. Lalu ada pula ponsel seperti Huawei P40 Pro yang memiliki teknologi zoom tercanggih di industri perhapean. Bagaimana dengan Poco F2 Pro? Tidak ada fitur zoom yang terkesan “wah” pada ponsel ini.

Malahan kemampuan zoom-nya bisa dibilang sangat ketinggalan ketimbang ponsel lain di harga yang sama. Ia bisa melakukan zoom sebanyak 2 kali, namun sayangnya bukan lossless. Sehingga Anda pun dijamin akan melihat penurunan kualitas dibandingkan foto tanpa zoom.

4. Speaker Masih Mono

poco f2

Di kala Anda lupa membawa headset, mau tidak mau harus mengandalkan speaker HP. Nah hal ini cukup disayangkan mengingat Poco F2 Pro hanya mengandalkan satu speaker saja di bawah bodi. Padahal beberapa ponsel lain sudah menghadirkan dual stereo speaker.

Jadi suara yang dihasilkan cukup terdengar standar. Anda pun tidak bisa mendengar bass dengan kualitas yang baik saat mendengarkan lagu, menonton YouTube, atau menyaksikan konten TikTok.

Simpulan

Begitu banyak hal yang patut dibanggakan pada Xiaomi Poco F2 Pro. Ponsel yang menghadirkan Snapdragon 865 cukup banyak, tapi yang membuatnya benar-benar istimewa adalah kehadiran kamera pop-up bermotornya.

Secara keseluruhan, HP ini sungguh menjadi generasi lanjutan yang layak dari Pocophone F1. Ini adalah salah satu HP Xiaomi terbaik untuk bermain game selain dari lini Black Shark. Buktikan saja sendiri dengan membeli Poco F2 Pro pada link ini.

Kalau Anda ingin meng-upgrade HP lama Anda yang masih IPS LCD, ini juga salah satu kesempatan mencicipi layar Super AMOLED, lho! Jadi apakah Anda tertarik?